KERJA KERAS ADALAH NAMA LAIN DARI KEAJAIBAN


KERJA KERAS ADALAH NAMA LAIN DARI KEAJAIBAN


                Kata-kata di atas ane peroleh dari meja guru ane di kantor guru. Pertamanya, ane biasa aja waktu ngeliat tulisan tuh tapi tulisan itu terngiang-ngiang di kepala ane terus. Ane piker-pikir tuh tulisan bener juga dan ane merasakan tuh tulisan di kehidupan ane sekarang. Ane mau buktiin tuh tulisan bener adanya lewat cuplikan cerita kehidupan ane ini…..
Alkisah ane dulu kelas 1 smp di sebuah pondok pesantren modern di malang. Ane padahal dulu sd di SDN jadi kaga pernah tuh yang kepikiran mau mondok, tetapi Alhamdulillah ortu ane menyarankan ane untuk masuk pondok dan ane pun nurut aja sama ortu ane walaupun melalui diskusi panjang :D. pertamanya, waktu di pondok ane Cuma mikirin menjalani hidup di pondok tapi menjelang semester dua pondok ane ngadain seleksi olimpiade matematika dan fisika ane termasuk santri yang terpilih untuk menjadi peserta seleksi tersebut. Karena ane punya pengalaman olimpiade matematika waktu sd dulu jadi ane lebih fokus ke seleksi olimpiade matematika daripada yang fisika. Seleksi pertama olimpiade matematika dilakuin pagia hari materinya matematika sd dan Alhamdulillah ane peringkat pertama dengan skor 95 dari 100. Seleksi kedua dilakuin setelah sholat dhuhur materi yang di ujikan matematika smp, karena ane nggak pernah ngerjain soal matematika smp otomatis ane puyeng tujuh keliling waktu ngerjainnya dan waktu diumumkan hasil untuk seleksi tim olimpiade matematika ane cuman jadi cadangan tapi waktu itu ane seneng meskipun ane cuman jadi cadangan piker ane nanti ane bakalan bias ngejar trus ane nanti jadi tim inti itu piker ane dulu……
Keesokan harinya ane mengikuti seleksi olimpiade fisika. Dulu, ane pikir apaan tuh fisika nggak pernah denger tuh??? Ane juga nganggap fisika itu aneh,njlimet,susah pokoknya yang serem-serem deh….. tapi waktu ane ngerjain soal seleksinya lancer-lancar aja. Dan tanpa disangka-sangka ane jadi peringkat 1 waktu pengumuman. Karena menurut pertimbangan guru-guru yang membina ane dimasukin ke tim fisika sama temen ane yang waktu seleksi fisika peringkat 2. Lagi-lagi pertmanya, ane kaga setuju sama keputusan guru ane karena ane merasa passing ane  itu di matematika bukan di fisika yang notabene ane belum pernah sama sekali belajar waktu di sd dulu. Tapi keputuan tersebut kaga bisa berubah jadi dengan berat hati ane masuk ke tim fisika.
Nah, setelah ane menjalani pelatihan-pelatihan ane pun jatuh hati ke fisika ane ngerasa fisika itu jauh lebih asyik daripada matematika  soalnya di fisika itu seprti langsung dilakuin di kehidupan sehari-hari nggak seprti di matematka yang menurut ane banyak yang abstraknya daripada yang konkretnya dan itu buat ane agak sedikit kesulitan untuk membayangkannya waktu ngerjain soal-soal. Ane pun niat di fisika same-sampe waktu liburan yang biasanya buat santai ane buat belajar fisika supaya ane bisa ikut osk fisika mewakili sekolah ane. Tetapi tuhan berkehendak lain ane belum dijinin untuk ikut tuh osk jadi yang mewakili sekolah ane kakak kelas ane dan Alhamdulillah dapet peringkat 1 se-kabupaten Malang tapi waktu di provinsi kaga lolos -_-. Ane pertamanya kecewa kaga diplih buat mewakili sekolah tapi ane pikir-pikir ane masih belum siap disbanding kakak kelas ane yang udah ikut tim fisika dari taun kemaren jadi, ane tetp optimis tahun depan waktu ane kelas 2 smp ane bakalan jadi juara osk fisika se-kabupaten Malang supaya nanti sertifikatnya ane gunain buat daftar beasiswa ke sma favorit idaman ane di jawa barat.
Singkatnya, waktu dikelas 2 smp ane masih terpilih jadi tim olimpiade fisika sekolah ane bersama teman ane yang baru masuk ke tim anaknya biasa dipanggil furqon. Anak ini di sekolah ane terkenal pinter soalnya dia berada di kelas yang grade-nya paling tinggi ditambah setiap rapotan dia selalu ranking 1 di kelasnya (ngeri  banget kan???) tapi ane tetep mencob untuk optimis bahwa ane lebih pengalaman daripada dia. Hari berganti hari bulan berganti bulan banyak lomba-loba dalam dan luar kota yang ane ikuti namun ane belum pernah satu kalipun mendapat juara meskipun Cuma juara harapan sedangkan furqon sudah beberapa kali dapet juara ane pun agak iri ke dia soalnya perasaan ane yang duluan masuk tim kok dia yang lebih banyak nyumbang kemenangan dibanding ane, ane pun ngerasa kaya putus asa tapi ane kagak mau nyerah bgitu aja soalnya masih ada osk tahun depan pikir ane waktu itu ane pun tetep kerja keras belajar terus ketika ada waktu kosong di pondok.
Mendekati pelaksanaan osk sekolah ane ngadain seleksi buat siapa yang bakal ngewakili sekolah di ajang bergengsi itu. Seleksi pun dilaksanakan kami di beri beberapa butir soal kami pun di beri waktu beberapa hari untuk nyelesein soal itu lengkap beserta cara-caranya. Ane pun ngerjain soal itu sungguh-sungguh tapi waktu ngerjain ane ngerasa aneh kok ane masih bingung ngerjainnya??? Padahal ane selama ini udah belajar keras latihan ngerjain soal-soal fisika dari banyak buku tapi kok masih bingung ngerjain soal seleksi tersebut apa ane salah belajar??? Ane kaga tau waktu itu jadi ane tetep ngerjain soal itu sebisa dan semampu ane. Tenggat yang diberi sudah habis ane dan temen ane pun ngumpulin hasil kerjaan kita ke guru Pembina ane untuk dikoreksi ane Cuma bisa berdoa sebanyak-banyaknya biar nanti ane yang kepilih buat mewakili sekolah untuk osk . hari pengumumanpun tiba ane agak sedikit gerogi apakah cita-cita ane bakalan terwujud hari ini tapi ternyata sebuah kenyataan pahit yang harus ane terima ane yang kedua kalinya GAGAL untuk menjadi perwakilan sekolah ane waktu itu seperti mendapat cobaan yang besar bayangin aja ane udah dua tahun belajar mati-matian fisika tetep aja kalah sama temen ane yang baru satu tahun belajar. Ane mencoba bangkit dari perasaan putus asa ane mencoba untuk tabah dan menganggap tuhan punya rencana yang terbaik buat ane yang ane belum mengetahui rencana tersebut. Walaupun ane GAGAL  yang kedua kalinya tapi ane nggak “DENDAM” sama fisika, ane tetep ngelanjutin belajar fisika dan tetep ikut lomba fisika sampe ane kelas tiga dan saat mendekati UN ane sudah kaga dibolehin ama sekolah ane lagi karena ane harus fokus ke UN ane.
Lomba demi lomba ane ikuti dari kelas satu sampe kelas tiga smp banyak sertifikat yang telah ane dapetin dari dalam kota, luar kota, maupun yang bertingkat nasional tetapi semua sertifikat itu kaga ada yang tulisannya “SEBAGAI JUARA…….” Paling banyak bertuliskan “SEBAGAI PARTISIPAN……” dan yang paling bagus “SEBAGAI FINALIS…..”. walaupun ane kaga pernah menang ane tetep bersyukur setidaknya ada satu sertifikat yang bertuliskan” SEBAGAI FINALIS…” alhamdulillah itu lomba yang tingkatnya nasional jadi ane ngerasa setidaknya ada satu sertifikat bertaraf nasional yang akan ane serahin nanti waktu ane makita u daftar beasiswa di sma idaman ane :D.
Setelah pelaksanaan UN, USEK, ujian quran selesai saatnya  bagi kami anak2 kelas tiga untuk mencari sma lanjutan setelah nanti kami di wisuda. Nah, pas waktu ane daftar beasiswa ke sma idaman ane ternyata temen ane yang ngalahin ane waktu seleksi olimpiade fisika dulu ikut daftar ke sekolah yang sama pikir ane waktu itu ” wah kok anak ini juga daftar di sekolah yang sama bareng ane??” ane semakin terpacu belajar untuk mempersiapkan tes masuk sma karena ane kaga mau kalah lagi sama temen ane tersebut. Pagi,siang,sore,malam pokoknya sebisanya dan ada waktu luang ane gunain buat nyiapin tes masuk sma ane juga Tanya-tanya ke kakak-kakak senior ane yang udah pernah tes disana gimana tipe soalnya trus apa yang paling pentig buat disiapin,dll. Ane pun dengan sepenuh hati dan harap menuruti tips-tips yang di beri sama kakak senior ane plus ane juga belajar mandiri untuk mengejar ketertinggalan ane disbanding temen ane yang juga daftar di sma yang sama.
Waktu tes pun tiba ane tes dari jam 7 pagi sampe jam 5 sore bayangin coba betapa lelahnya ane habis ngerjain soal-soal tes tulis tersebut yang buanyak banget kalo nggak banyak ya suuuuulliiiiiit banget buat ane tapi tiba-tiba waktu ngerjain ane iseng-iseng baca petunjuk soal dan Alhamdulillah tidak ada pengurangan skor untuk jawaban yang salah ane pun bertekad harus mengisi penuh LJK walaupun itu ane isi dengan ngawur siapa tah betul???. Setelah selesai ane lega karena udah mengeluarkan semua kemampuan ane yang ane miliki semampu ane untuk bertarung habis-habisan sama soal-soal tes tulis ane tinggal berdoa dan berdoa jika sma ini piliha terbaik buat ane  maka mudahkanlah ya ALLAH……….
Waktu pengumuman yang telah dijanjikan tiba tetapi pada hari H pengumuman pada pagi harinya waktu ane mau lihat hasil di internet kaga bisa mungkin karena banyak yang mengakses website yang sama soalnya yang daftar ke sma idaman ane itu dari seluruh pelosok negri jadi ane musti bersabar untuk ngelihat hasil tes tulis. Siang harinya ane ketemu sama temen ane yang juga ikut daftar ke sma tersebut anaknya emang terkenal sama kepinterannya dia menyapa ane trus tiba-tiba dia bilang ke ane kalo dia “TIDAK LULUS” tes tulis ane pun sedikit panic waduh kalo dia yang lebih pinter dari ane aja kaga lulus trus gimana nasib ane?? Tapi ane tetep mencoba optimis kalo bakal ada keajaiban yang datang ke diri ane, ane penasaran kok bisa dia tahu hasilnya sedangkan ane tadi pagi coba buka website di computer pondok kok kaga bisa jadi ane Tanya temen ane dan ternyata dia liat di hp nya temennya ane pun minta tolong buat pinjem hp ke temennya dan Alhamdulillah ane dipinjemi. Kami buka website bersama-sama setelah memasukkan username dan password ane buka hasil seleksi tulis dan hasilnya “SELAMAT ANDA LULUS TES TULIS” langsung seketika ane di serang luapan kegembiraan yang selama ini ane inginkan ane bersyukur kepada ALLAH yang telah memberi karynia ini kepada ane padahal temen ane yang lain yang lebih pintar kaga dapet karunia ini ane bener-bener bersyukur……
Nah sobat ane udah ngebuktiin kalo kata-kata yang jadi judul tulisan ini kaga cuman kata-kata melainkan kebenaran yang telah terbukti di dunia nyata walaupun ente kaga pernah berhasil teteplah berjuang sekuat tenaga insyaallah ALLAH punya rencana yang terbaik buat kita semua walaupun untuk mencapai kesana banyak duri-duri yang menancap di kaki kita tetaplah tabah karena kita kaga tahu apa rencana ALLAH buat kita kedepan. “KERJA KERAS ADALAH NAMA LAIN DARI KEAJAIBAN”
BY: JI-UL
BASED ON TRUE STORY
  1. Merkur & Ferencia: Merkur & Ferencia Merkur
    Merkur herzamanindir.com/ & Ferencia 출장안마 merkur - Merkur & Ferencia Merkur in Solingen, Germany - casino-roll.com Merkur - Merkur Merkur https://febcasino.com/review/merit-casino/ - MERKUR - novcasino Merkur & Ferencia Merkur

    BalasHapus

Start typing and press Enter to search