keuntungan dan kerugian mempertahankan kemerdekaan secara diplomasi


    Dalam mempertahankan kemerdekaannya Indonesia tidak hanya menggunakan cara angkatan bersenjata melainkan juga dengan cara diplomasi. Tentunya apapun cara yang diambil memiliki keuntungan dan sekaligus kerugian masing-masing disini ane mau membahs keuntungan dan kerugian mempertahankan kemerdekaan Indonesia secara diplomasi

Keuntungan:
1.       Secara tidak langsung Belanda telah mengakui bahwa Indonesia adalah sebuah negara merdeka layaknya Belanda karena mereka berdua dapat duduk bersama di satu meja perundingan.
2.       Merupakan jalan yang aman dan tepat karena jika hanya lewat perjuangan senjata terus-menerus lama-kelamaan Indonesia akan kalah karena dari sisi persenjataan Indonesia kalah jauh dari pihak Belanda.
3.       Adanya peluang untuk Indonesia untuk diakui secara de jure maupun de facto bahwa Indonesia telah merdeka apabila diadakan sebual meja perundingan yang tentunya merupakan permasalahan internasional karena menyangkut dua negara merdeka.

Kerugian:
1.       Wilayah Indonesia menjadi semakin kecil karena kalah dalam perundingan.
2.       Menjadi mainan bagi pihak Belanda karena Belanda lebih berpengalaman dalam perundingan.

3.       Indonesia terpecah fokusnya karena harus fokus ke dua hal yaitu diplomasi dan angkatan bersenenjata sehingga kurang maksimal dalam melakukannya.

Posting Komentar

Start typing and press Enter to search