Peninggalan-peninggalan Zaman Logam di Indonesia



2.   Zaman besi
Pada zaman ini manusia telah menggunakan peralatan yang terbuat dari besi dengan tujuan menghasilkan alat yang jauh lebih kuat dan bisa digunakan berulang kali. Tentu saja untuk menghasilkan alat ini diperlukan teknologi yang baru, disertai kemampuan untuk menbuat alat-alat dari besi. Berikut beberapa peninggalan dari zaman besi.


a.       Mata Panah

        Merupakan salah satu alat berburu dibuat pada zaman tersebut. Perkembangan mata panah pun memang terjadi seiring dengan budaya mengikutinya. Awalnya, mata panah dibuat dengan meruncingkan kayu menggunakan tulang. Batu kemudian pada zaman di mana besi telah bisa diolah buat dijadikan peralatan serta senjata , maka dibuat pula mata panah tersebut. Tentu saja hasilnya akan lebih baik dan awet jika dibanding dengan bahan standar sebelumnya.



b.      Mata pisau

        Merupakan alat bernilai hemat tinggi. Mata pisau ini bisa digunakan sebagai pertahanan diri dari binatang buas . Berarti pisau ini juga memiliki kegunaan sebagai alat buat melindungi diri atau senjata yang berguna untuk melindungi dari binatang buas dan pada waktu itu masih banyak ditemui. Selain digunakan sebagai alat buat melindungi diri, mata pisau juga dijadikan sebagai alat buat mengumpulkan makanan.


c.       Mata Sabit
        Besi juga dapat dibuat sebagai mata sabit. Mata sabit ditemukan pada zaman besi diduga digunakan sebagai menyabit tumbuhan. Kegunaannya hampir sama dengan mata pisau. Alat ini hanya sedikit besar dibanding dengan mata pisau. Sampai saat ini, sabit masih digunakan sebagai alat pertanian.



d.      Mata Pedang
        Pedang pertama kali diperkirakan dipakai oleh bangsa Hittie, Myceania, Yunani, dan Proto-Celtit Halstatt. Besi pada waktu itu memang tersedia dalam jumlah yang banyak. Tidak heran jika kemudian manusia mulai berkembang akal pikirannya mengubah biji besi menjadi peralatan perang dari besi. Pembuatan pedang awalnya memiliki kualitas yang sangat buruk. Bahkan, hasil dari besi terbaik membuat sebuah pedang yang lebih buruk dari perunggu. Setelah melakukan beberapa penelitian, maka ditemukanlah campuran pembuatan pedang besi agar tak mudah ringkih dan lunak. Karbon merupakan bahan tambahan dan dipercaya akan membuat besi menghasilkan pedang dengan kualitas bagus. Saat ini, besi campuran karbon tersebut dikenal dengan besi baja. Pada zaman ini pula, ditemukan bagaimana pola membuat pedang .

Posting Komentar

Start typing and press Enter to search